Selamat Datang

Semoga blog ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Kamis, 28 Juli 2011

Wacana Pemekaran Seputih Barat,Unsur Pemuda Sepakat Mendukung

KALIREJO – Mayoritas Masyarakat yang berada di wilayah barat Kabupaten Lampung Tengah atau yang kental disebut Seputih Barat, rata-rata menyatakan setuju jika daerahnya bisa segera mekar menjadi kabupaten sendiri. Hal itu terlihat dari dukungan yang diberikan dari berbagai elemen masyarakat, baik tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha, dan hingga tokoh pemuda.

Rata-rata unsur pemuda mendukung Seputih Barat pemekaran karena daerah itu telah layak dan saatnya dimekarkan menjadi kabupaten baru memisahkan diri dari Kabupaten induknya, Lampung Tengah.

Seperti disampaikan salah seorang pemuda Kecamatan Kalirejo, Agung Kurnianto. Sebagai ketua Karang Taruna Kampung Sriwaylangsep, Agung mengatakan, jika Seputih Barat bisa terpisah menjadi kabupaten baru akan mempermudah akses birokarsi bagi warga. Seperti dalam hal pengurusan administrasi surat-menyurat yang dibutuhkan warga.

”Selama ini untuk mengurus administrasi surat-menyurat di Lampung Tengah, harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Ditambah sarana jalan yang rusak dan faktor keamanan yang kurang terjamin, maka menurut saya Lampung Tengah sangat layak untuk dilakukan pemekaran atau pemecahan wilayah. Sehingga rentang kendali pemerintahan dapat lebih optimal dan maksimal,” ujarnya, kemarin (22/7)

Hal senada disampaikan oleh Setiyanto, warga Kalirejo. Untuk pemerataan pembangunan, menurutnya, tidak ada kata lain yaitu pemekaran, khususnya wilayah Seputih Barat. Selain ditinjau dari sisi geografis, dari sumberdaya alam dan sumberdaya manusia juga sangat layak untuk dimekarkan menjadi kabupaten baru.

”Saya sangat setuju adanya pemekaran Kabupaten Lampung Tengah, khususnya wilayah Seputih Barat. Karena ditinjau secara geografis, khususnya wilayah Seputih Barat memang sudah layak untuk dimekarkan. Selain luas wilayahnya yang memadai dan jumlah penduduknya yang cukup padat, juga ditinjau dari sumberdaya alam (SDA) dan sumberdaya manusia (SDM) tidak diragukan lagi. Diharapkan, akan dapat berkembang pesat,” kata Setiyanto optimis.

Oleh karenanya, lanjutnya, untuk lebih optimal dan efektifnya penyelenggaraan pemerintahan dan pemerataan pembangunan, maka tidak ada kata lain, Seputih Barat harus mekar menjadi kabupaten baru.

Ia menambahkan, dengan adanya pemekaran tersebut akan membawa dampak positif bagi terciptanya peluang usaha. Dampak positif bagi laju perekonomian warga masyarakat juga akan lebih dapat membawa percepatan pembangunan, baik di bidang ekonomi, sosial, budaya, kesehatan, pendidikan dan keamanan. ”Intinya kami siap mendukung pemekaran Seputih Barat menjadi kabupaten baru, dengan segala kemampuan dan potensi yang kami miliki,” tegasnya.(den/afs) SUMBER RADAR LAMTENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar