Selamat Datang

Semoga blog ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Kamis, 28 Juli 2011

Bupati Respons Pemekaran Lamteng

GUNUNGSUGIH – Wacana pemekaran Lamteng yang telah didengung-dengungkan di kalangan DPRD, mendapat tanggapan yang baik dari pimpinan daerah setempat. Itu setelah anggota DPRD Lamteng dari wilayah Seputih Timur dan Seputih Barat bertatap muka dengan bupati dan wakil bupati, kemarin (11/7).

Anggota DPRD asal Seputih Timur Drs. Nyoman Suryana mengatakan, pertemuan dengan Bupati Lamteng Hi. A. Pairin, S.Sos. dan Wabup Ir. Mustafa, M.H. berlangsung di ruang kerja bupati. Hasil pertemuan, bupati sangat merespons rencana pemekaran Seputih Timur dan Seputih Barat.

”Karena memang pemecahan Lamteng sudah menjadi visi dan misi bupati Lamteng sebelumnya. Jadi, bupati sangat merespons. Tinggal sekarang ini akan dikoordinasikan dengan bagian Hukum, Bappeda, dan asisten I,” kata Nyoman yang juga ketua Panitia Seputih Timur ini.

Menurut Nyoman, jika eksekutif dan legislatif telah sejalan akan memudahkan proses pemekaran. Sedangkan hasil akhir persetujuan pemekaran ada pada Kementerian Dalam Negeri. Tapi, dengan upaya yang dilakukan setidaknya telah ada upaya untuk merealisasikan pemekaran kabupaten baru.

Mengenai kondisi jalan yang rusak di wilayah Seputih Timur, ia mengatakan, hal itu akan menjadi prioritas. Karena secara bertahap anggaran dapat diplot untuk perbaikan jalan. Kendati demikian, di wilayah Seputih Timur telah memiliki Jalan Lintas Pantai Timur yang merupakan akses jalan negara. ”Kondisi jalan memang menjadi indikator penilaian dari pusat. Oleh sebab itu, nantinya akan diprioritaskan untuk perbaikan jalan kabupaten,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Ia mengaku tetap optimis Seputih Timur dan Seputih Barat dapat dimekarkan. Sebab, melalui pemekaran tersebut dapat memperpendek rentang kendali pemerintahan. Dengan demikian, proses pembangunan dapat berjalan dengan baik. Selain itu, potensi pendapatan asli daerah (PAD) dapat dimaksimalkan.

PAD yang bisa diperoleh oleh Seputih Timur dan Seputih Barat jika berhasil dimekarkan yakni PBB dapat dikelola kabupaten baru tersebut. Termasuk sumber Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan pajak air tanah.

Di Seputih Timur, sambung Nyoman, terdapat 10 kecamatan, yakni Kecamatan Seputihraman, Seputihmataram, Bandarmataram, Seputihbanyak, Wayseputih, Rumbia, Putrarumbia, Buminabung, Seputihsurabaya, dan Bandarsurabaya. Sedangkan di wilayah Seputih Barat terdapat 9 kecamatan, yakni Kecamatan Kecamatan Anaktuha, Padangratu, Pubian, Selagailingga, Anakratuaji, Sendangagung, Bangunrejo, Kalirejo, dan Bekri.(*) sumber radar LAMTENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar