Selamat Datang

Semoga blog ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Kamis, 28 Juli 2011

Seputih Barat Layak Mekar dari Lamteng

KALIREJO – Mayoritas Masyarakat yang berada di wilayah Barat Kabupaten Lampung Tengah, atau yang kita kenal dengan Seputih Barat, rata-rata menyatakan setuju, jika bisa segera mekar atau terpisah dari Lampung Tengah, menjadi kabupaten sendiri. Hal itu terlihat dari dukungan dan support yang diberikan dari berbagai elemen masyarakatnya, baik dari kalangan tokoh masyarakat, tokoh agama, pengusaha, dan lain-lainnya. Rata-rata mereka berkomentar, bahwa Seputih Barat memang sudah layak dan sudah saatnya untuk mekar menjadi kabupaten baru, memisahkan diri dari Kabupaten induknya Lampung Tengah.

Dukungan tersebut juga datang dari kalangan pemerintahan tingkat kampung. Seperti yang disampaikan oleh Riduan Ikhwan, S.Pd. yang merupakan Kepala Kampung Sidorejo, Kecamatan Bangunrejo. Menurut Riduan yang juga selaku Ketua Apdesi Lamteng,

pihaknya sangat setuju adanya pemekaran Kabupaten Lampung Tengah.

Mengingat Lampung Tengah, masih sangat luas wilayahnya, sehingga seiring perkembangan penduduknya, maka untuk efektifnya proses pemerintahan dan proses pembangunan, solusinya adalah pemekaran,” ujarnya.

Masih dikatakannya, bahwa ditinjau secara geografis, khususnya untuk wilayah Seputih Barat, memang sudah layak untuk dimekarkan. Selain luas wilayahnya yang memadai dan jumlah penduduknya yang cukup padat, juga ditinjau dari sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM)-nya, tidak diragukan lagi.

Oleh karenanya, untuk lebih optimal dan efektifnya, penyelenggaraan pemerintahan dan pemerataan pembangunan, maka tidak ada kata lain, Seputih Barat harus sekar mekar menjadi kabupaten baru.

Beberapa perusahaan besar juga ada di wilayah ini. Ditambah perusahaan kecil, menengah juga banyak terdapat di wilayah ini. Ditambah potensi SDA jika bisa terkelola dengan baik, maka akan dapat menopang percepatan pembangunan di wilayah ini.

Selain potensi yang sudah ada, seperti adanya perusahaan, potensi bahan tambang, hasil perkebunan, dunia pendidikan dan lain-lain. Maka, dengan pengelolaan yang tepat, diyakininya Seputih Barat akan pesat pembangunannya.

Menurutnya, dari uji kelayakannya, Seputih Barat memang layak dimekarkan. Dari potensi SDA dan SDM-nya memang mendukung. Kemudian, di sektor perekonomian dan pendidikan juga cukup memadai, dengan jumlah sarana pendidikan / sekolah, mulai TK hingga perguruan tinggi yang juga memadai, dan telah ada serta tersedia di wilayah ini. Dikatakannya, bahwa untuk pemekaran Seputih Barat tergantung pada kemauan dan keseriusan serta kesiapan dari masyarakatnya, serta dukungan dari berbagai pihak, baik ekskutif maupun legislatif serta Steakholder atau pemangku kepentingan lainnya.(den/gde)SUMBER RADAR LAMTENG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar