Selamat Datang

Semoga blog ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua.

Jumat, 25 November 2011

SEJARAH KROMATOGRAFI
Awal abad 20 kimiawan Rusia Mikhail Semenovich Tsvet (1872-1919) menyiapkan kolom yang diisi dengan K2CO3, lalu ia menuangkan campuran pigmen tanaman yang dilarutkan dalam eter ke dalam kolom tersebut. Hasilnya secara mengejutkan pigmen tadi terpisah dan membentuk lapisan berwarna sepanjang kolom. Selanjutnya ia menamakan metode ini dengan nama kromatografi (1906).
Lalu kimiawan dari Swiss Richard Martin Willstatter (1872-1942) menggunakan metode ini untuk riset khlorofilnya dari sinilah kromatografi mulai populer digunakan.
Pengertian umum kromatografi adalah tekhnik untuk memisah campuran menjadi komponen-komponen nya dengan bantuan perbedaan fisik masing-masing komponen nya. Alat yang digunakan dalam metode kromatografi ini adalah sebuah kolom yang di dalamnya diisikan fasa stationer (padatan atau cairan).
Cara kerja kromatografi prinsipnya campuran yang akan dipisahkan ditambahkan ke kolom yang di dalamnya terdapat adsorben (fasa stationer) dari ujung satu dan campuran akan bergerak dengan bantuan pengemban / pembawa yang cocok (fasa mobil) hingga mencapai ujung satunya. Pemisahan dicapai oleh perbedaan laju turun masing-masing komponen dalam kolom yang ditentukan oleh kekuatan adsorbsi/koefisien partisi antara fasa mobil dan fasa diam.
Contoh macam kromatografi berdasar mekanisme pemisahannya:
  • Kromatografi cair
  • Kromatografi gas
  • Kromatografi adsorbsi
  • Kromatografi partisi
Beberapa contoh kromatografi yang sering digunakan dalam laboratorium misalnya:
o   Kromatografi partisi
o   Kromatografi kertas
sumber:http://industri17winda.blog.mercubuana.ac.id/2011/01/24/sejarah-kromatografi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar